Ketahui 11 tips dan trik agar lolos tes CPNS 2020

Setelah melalui proses seleksi administrasi, kini alur penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2020 sedang menuju ke proses yang selanjutnya. Saat ini, proses penerimaan CPNS sudah mencapai pada pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). SKD dilaksanakan mulai tanggal 27 Januari 2020 hingga 28 Februari 2020.

Pada tulisan kali ini, kami akan memberikan tips dan trik agar kamu dapat lolos pada seleksi CPNS tahun 2020 ini. Adapun tips yang kami berikan dapat kamu terapkan supaya dapat mempersiapkan ujian SKD dengan baik.

Langsung saja, berikut ini tips dan trik agar lolos CPNS 2020.

1. Perbanyak latihan soal.

Saat ini banyak tersedia contoh soal CPNS yang dapat kamu akses secara gratis. Bahkan banyak dari contoh soal tersebut yang juga menyediakan kunci jawaban agar kamu dapat mencocokkannya setelah selesai mengerjakan. Kamu juga dapat mengikuti berbagai macam Try Out gratis maupun berbayar yang diselenggarakan oleh berbagai pihak.

2. Luangkan waktu khusus untuk belajar.

Dari sekian juta pelamar, hanya sekian persennya saja yang benar-benar memiliki kesungguhan untuk belajar. Asalkan kamu bersungguh-sungguh, kesempatanmu untuk lolos akan lebih besar dari pesaingmu lho. Jadi, alangkah lebih baiknya jika kamu memiliki waktu khusus untuk mempelajari materi seleksi CPNS ini.

3. Datang lebih awal pada saat ujian.

Dengan datang lebih awal ketika hari H tes berlangsung, kamu akan dapat lebih memahami alur pelaksanaan tes. Mulai dari verifikasi berkas hingga pengerjaan ujian. Sehingga ketika tiba giliranmu, kamu tidak akan merasa kebingungan lagi. Sehingga penting sekali untuk datang lebih awal. Terlebih, jika pada hari sebelumnya tidak memungkinkan untuk kamu melakukan survei lokasi.

4. Kerjakan dengan tenang dan fokus.

Kunci dari kesuksesan dalam mengerjakan soal SKD adalah tetap fokus dan tenang. Selain itu perhatikan pula manajemen waktumu. Latihan untuk memanage waktu pengerjaan SKD juga akan banyak membantu.

5. Pastikan untuk mengerjakan ujian dengan teliti.

Kerjakan soal dengan teliti dan pastikan untuk memeriksa jawabanmu sebelum men-submit atau menyerahkannya. Dengan demikian kesalahan jawaban akan dapat diminimalisir.

6. Istirahat yang cukup menjelang pelaksanaan tes.

Ketika H-1 menjelang pelaksanaan tes, ada baiknya untuk tidur tepat waktu dan istirahat yang cukup. Ini dilakukan agar badan tetap fit pada saat tes berlangsung. Alih-alih begadang demi ujian, akan lebih baik jika kamu me-review materi pada siang hari, sehari sebelum tes dilaksanakan.

7. Jangan lupa untuk selalu menjaga kondisi kesehatanmu dengan baik. Karena bagaimanapun juga, dan sebaik apapun persiapanmu dalam menghadapi tes SKD, jika tidak dibarengi dengan tubuh yang sehat tentunya hasilnya tidak akan maksimal.

8. Jangan lupa untuk sarapan atau makan terlebih dahulu sebelum ujian.

Melaksanakan tes dalam keadaan lapar hanya akan membuatmu tidak berkonsentrasi sehingga sulit untuk fokus. Oh iya, hindari terlebih dahulu makanan atau minuman yang sekiranya akan menimbulkan masalah pencernaan, misalnya seperti makanan pedas, atau yang lainnya.

9. Survei lokasi ujian.

Usahakan untuk mengecek lokasi ujian paling tidak H-1 pelaksanan ujian SKD. Kamu memang tidak akan diperbolehkan untuk masuk ke ruang ujian, akan tetapi ini akan meminimalisir kemungkinan tersesat pada saat hari H ujian berlangsung. Apalagi jika kamu cukup asing dengan lokasi ujian yang ditetapkan. Dengan mengetahui rutenya, ini juga akan menghemat waktumu ketika berangkat tes besok.

10. Pastikan untuk membawa kartu dan berkas pendukung pada saat ujian berlangsung.

Selain kartu CPNS, kamu juga diharuskan untuk membawa berkas-berkas lainnya yang disyaratkan. Peserta juga diharuskan membawa kartu identitas yaitu e-KTP. Jika KTP hilang atau rusak, kamu dapat mengurusnya terlebih dahulu untuk mendapatkan suket (surat keterangan) sebagai pengganti e-KTP sementara. Kamu dapat mengurusnya melalui Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di Kabupaten/Kotamu.

11. Meminta doa dari orang tua.

Satu lagi tips sederhana namun cukup penting adalah jangan lupa untuk meminta doa kepada orang tuamu,supaya memperoleh hasil yang terbaik. Itu juga akan membuatmu lebih termotivasi dan bersemangat bukan?


Nah itu tadi tips dan trik agar kesempatanmu untuk lolos pada penerimaan CPNS 2020 ini semakin besar. Jangan lupa pula untuk mempelajari kisi-kisi SKD CPNS tahun 2020. Semoga pembaca sekalian dapat memperoleh hasil yang terbaik dan dapat lolos pada seleksi kali ini, ya.

Leave a Reply