Passing Grade test CPNS 2019/2020 turun

Passing grade merupakan ambang batas nilai minimal yang nantinya akan menentukan kelulusanmu pada Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada proses rekrutmen CPNS ini. Jika kamu tidak dapat memenuhi ambang batas nilai tersebut, maka kamu tidak dapat lolos SKD. Nilai passing grade dapat dikelompokkan dalam beberapa jenis berdasarkan soal yang diteskan.

Mungkin banyak dari pembaca ecpns.com sudah mengetahui bahwa dalam tes SKD terdiri dari 3 jenis tes yang diujikan. Adapun jenis tes yang dimaksud adalah Tes Intelegensia Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Setiap jenis tes memiliki ambang batas nilai yang berbeda.

Selain itu, untuk kategori pelamar yang berbeda pun juga memiliki ketentuan nilai passing grade yang tidak sama. Untuk pelamar kategori umum, cumlaude & diaspora, disabilitas, dan golongan lainnya memiliki ketentuan passing grade yang berbeda-beda. Sehingga  sangat penting untuk mengetahui berapa ambang batas nilai atau passing grade kategori yang kamu lamar.

Adapun pemerintah juga menyatakan bahwa tes SKD CPNS tahun ini tidak akan menggunakan aturan atau ketentuan yang lama. Untuk tahun ini, ketentuannya menggunakan Permen PAN-RB 24/2019.

Dikutip dari akun Twitter resmi BKN, berikut ini ada ketentuan ambang batas nilai pada seleksi CPNS 2019 ini.

passing grade cpns 2019.jpg

Jika diperhatikan lagi, passing grade pada proses seleksi CPNS tahun 2019 ini mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun kemarin.

Passing grade sengaja diturunkan terutama pada TKP dan TWK.

Jika pada tahun lalu ambang batas nilai TKP adalah sebesar 143, tahun 2019 ini nilainya diturunkan menjadi 126. Kemudian selain itu, untuk TWK juga terjadi penurunan dari tahun lalu, yaitu dari 75 menjadi 65. Sedangkan untuk TIU, nilai ambang batasnya juga mengalami penurunan.

Seperti yang dikatakan oleh Tjahyo dalam Kompas (14/11/2019), “Kemarin beberapa lembaga di daerah (ada yang) tak ada (peserta) yang lulus satu pun,”.

Hal ini turut menjadi salah satu latar belakang diturunkannya passing grade pada seleksi CPNS tahun ini.

Masih dalam artikel yang sama, menurut Tjahyo, meskipun passing grade diturunkan nilainya, pihak BKN (Badan Kepegawaian Negara) akan menambah materi dalam soal yang diujikan. Adapun materi yang dimaksud ini adalah mengenai bahaya radikalisme, terorisme, empat pilar. Sehingga meskipun nilai passing grade diturunkan, hal ini tetap tidak mempengaruhi kualitas seleksi.

Sekali lagi, ketentuan passing grade ini perlu kamu perhatikan.

Meskipun kamu menempati peringkat pertama pada nilai total, namun jika kamu tidak lolos pada salah satu jenis tes yang diujikan, maka kamu tidak dapat lolos pada seleksi SKD. Jadi pastikan untuk mempelajari materinya secara merata pada setiap jenis tes. Jangan sekali-kali hanya mengandalkan pada satu jenis tes saja.

Sekian itu tadi informasi mengenai passing grade CPNS 2019. Semoga informasi ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian.

Leave a Reply