Jadwal SKD CPNS akan diumumkan mulai 21 Januari 2020

Mendekati waktu pelaksanaan SKD yang sebelumnya telah direncanakan akan dimulai pada akhir bulan Januari, banyak dari warganet kemudian mengajukan pertanyaan kepada pihak Badan Kepegawaian Negara (BKN) terutama melalui akun Twitter. Pertanyaan yang diajukan beragam, mulai dari lokasi tes, ketentuan, sampai dengan waktu pelaksanaan tes SKD.

BKN mengungkapkan bahwa akan ada 425 titik lokasi (tilok) yang nantinya akan memfasilitasi pelaksanaan SKD. Lokasi tes yang ditentukan dengan dasar atas kemudahan peserta untuk menjangkau area atau daerah tilok tersebut. Ini dilakukan untuk memudahkan peserta dalam menjangkau lokasi ujian.

Tes akan dilaksanakan di 34 kantor BKN yang terdiri dari Kantor BKN Pusat, 13 Kantor BKN Regional, 20 UPT BKN, serta sejumlah titik lokasi mandiri.

Untuk lokasi tes sendiri, peserta dapat melihatnya pada kartu ujian masing-masing. Sedangkan untuk terkait waktu, informasinya akan menyusul di kemudian hari.

Menanggapi banyaknya pertanyaan dari peserta seleksi Calon pegawai Negeri Sipil (CPNS) terkait waktu pelaksanaan SKD, BKN akhirnya buka suara mengenai kapan tepatnya tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis CAT (Computer Assisted Test) akan dilaksanakan. Badan Kepegawaian Negara menyebut, tes SKD rencananya akan dimulai secara perdana pada 27 Januari 2020 mendatang.

[SIARAN PERS]"Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS TA 2019 akan berlangsung 27 Januari–28 Februari 2020….

Posted by Badan Kepegawaian Negara Republik Indonesia on Monday, January 20, 2020

Selain informasi tadi, beberapa waktu yang lalu BKN juga mengatakan bahwa jadwal tes SKD akan diumumkan pada 21 Januari 2020 nanti. Jadwal ini nantinya akan diumumkan melalui website instansi yang dilamar. Jadi pastikan untuk mengecek website resmi instansi yang kamu lamar mulai dari tanggal yang telah disebutkan supaya tidak tertinggal informasi,

Jangan lupa pula untuk mencetak kartu peserta CPNS terlebih dahulu serta pastikan untuk mencetaknya sesuai ketentuan. Cetak kartu ujianmu dengan tinta berwarna. Pastikan semua informasi dalam kartu tercetak dengan jelas. Selain itu, jangan melaminating kartu, karena kartu nantinya akan ditandatangani oleh panitia ujian.

Jika diperlukan, kamu dapat kembali mengunduh kartu ujian untuk memastikan apakah ada penambahan informasi di dalam kartu atau tidak. Jika ada informasi baru yang tertera dalam kartu, gunakan kartu yang baru.

Pastikan untuk mempersiapkan tes dengan baik supaya nantinya kamu juga bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Kamu dapat mengikuti simulasi tes yang dilaksanakan di beberapa tempat di daerahmu. Selain itu kamu juga dapat mempelajari materi ujian dan mengerjakan soal latihan.

Serta yang tak kalah penting, jangan lupa untuk membawa kartu ujian serta berkas pendukung lainnya ketika kamu hendak melaksanakan tes. Karena tanpa membawa kartu tes dan persyaratan atau berkas yang ditentukan, kamu mungkin tidak dapat mengikuti tes SKD.

Leave a Reply