Categories
Tips cpns

Cara cetak kartu peserta ujian CPNS 2019

Proses seleksi penerimaan CPNS pada tahun ini akan segera memasuki tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). SKD merupakan tes berbasis komputer yang diujikan bagi calon ASN. Tes ini terdiri dari TWK (Tes Wawasan Kebangsaan), TIU (Tes Intelegensi Umum), serta TKP (Tes Karakteristik Pribadi). Bagi peserta yang lolos seleksi administrasi, kini dapat melakukan pengunduhan kartu ujian untuk kemudian mengikuti SKD.

Untuk mengikuti seleksi tersebut, kamu diharuskan memiliki kartu peserta. Bagi peserta yang telah lolos seleksi administrasi, dapat mengunduh dan mencetak kartu untuk mengikuti ujian SKD. Jadi hanya peserta yang memenuhi syarat dan telah lolos seleksi administrasi saja yang bisa mencetak kartu.

Untuk mencetak kartu sendiri, peserta dapat melakukannya dengan cara masuk terlebih dahulu ke akun SSCN.

Untuk lebih jelasnya, kamu dapat menyimak langkah-langkah mencetak kartu seleksi CPNS ini.

1. Buka situs sscn pada https://sscn.bkn.go.id/ Setelah itu klik login pada menu bar. Jika kamu membukanya melalui ponsel, tap icon garis tiga atau menu, setelah itu pilih login.

2. Kamu juga bisa langsung login pada akun SSCN-mu melalui link berikut ini https://sscndaftar.bkn.go.id/login

3. Masuk ke akun SSCN dengan menginputkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) serta password (kata sandi) yang telah kamu buat sebelumnya. Setelah itu, login.

4. Setelah jadwal pencetakan kartu dapat dilakukan, tombol untuk mengunduh kartu pun juga akan tersedia. Kamu dapat menggeser layar ke bawah untuk dapat mengunduh kartu.

5. Jika kartumu telah selesai diunduh, maka kamu dapat melihatnya untuk kemudian melakukan pencetakan kartu.

Bagaimana kawan-kawan, apakah sekarang kamu sudah bisa melakukan pengunduhan dan pencetakan kartu CPNS?

Ada ketentuan dalam melakukan pencetakan kartu ujian ini. Yang pertama, cetak kartu ujian dengan tinta berwarna.

Kemudian yang kedua, setelah kamu melakukan pencetakan, jangan sekali-kali untuk melaminating kartu. Mengapa kartu tidak boleh dilaminating? Karena ketika pelaksanaan SKD nanti, kartu ujian akan ditandatangani oleh panitia sebagai bukti kehadiran saat ujian.


Oh iya, untuk tempat dan lokasi tes, kamu dapat mengetahuinya melalui kartu yang kamu unduh tadi. Namun ada pula instansi yang mengumumkan detail tempat dan waktu melalui website resmi. Jadi supaya tidak tertinggal informasi penting, cek website instansi yang kamu lamar secara rutin.

Jangan lupa untuk membawa kartu ujianmu ketika kamu mengikuti ujian SKD, pastikan bahwa kartu ujianmu tidak tertinggal. Jangan lupa pula untuk mempelajari materi ujian SKD. Karena dengan mempelajari materinya, kesempatanmu untuk lolos seleksi CPNS tahun ini lebih besar. Tentunya kamu ingin lolos seleksi CPNS di tahun ini, kan?

Untuk mengetahui informasi mengenai CPNS tahun ini, kamu dapat terus mengikuti ecpns.com. Pastikan kamu tidak tertinggal informasi ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *